Breaking News
Loading...
Wednesday, December 17, 2014

Pengertian, Fungsi dan Cara Mendefrag Harddisk

8:13 PM


Mungkin sobat pernah dengar yang namanya defrag? ya, sebagian besar pengguna komputer pasti tau/pernah denger yang namanya defrag Harddisk, Terus Defrag itu apa sih? fungsi Defrag apa? cara defrag gimana?, Oke bagi sobat yang bertanya-tanya tentang defrag berikut ini saya akan jelaskan pengertian, fungsi, dan cara mendefrag Hard disk.


Pengertian Disk Defragmenter

Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk.

Fungsi 
Disk Defragmenter
Defragmenter mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk kerana defragmenter mampu mengelakkan / men fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program, jadi windows yang kita pakai sekarang ini sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yg berguna dalam menjaga hardware.

  • Windows tidak dapat menguruskan kembali file-file secara automatik (tanpa bantuan defragmenter) file yang telah di delete, di copy maupun dibuka. Maka dengan itu windows menyediakan recent documents (open file history) dan system restore point untuk mengulangi jika dalam proses defragmenting tidak dapat ditata kembali.
  • Disk defragmenter merupakan salah satu tools pembawaan windows, anda dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda. Biasanya file-file di hardisk kita tidak beraturan mungkin kerana pengaruh sering instal program yg tidak selalu di gunakan, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), copy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktiviti managemen file lain. Oleh kerana file tersebut jika di andaikan lembaran-lembaran kertas, maka sebagian merupakan filel - file atau kertas kerja anda dirumah jika tidak di kemas selama 1 tahun atau jika tidak diatur ia akan berselerak di dalam almari atau meja anda. Demikian pula windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang diperlukan.

Cara Melakukan Disk Defragmenter>>Defrag di Windows XP :
1. Pada start menu pilih program->Acessories -> System Tools -> Disk defragmenter


2. Pilih drive yang berisi file windows anda (misalnya drive C), secara default windows diinstal di driveC

3. 
Klik tombol Analyze, tunggu hingga windows melakukan analisa terhadap file-file di hardisk anda. Jika ada file yang belum terfragmentasi maka kotak dialok untuk melakukan defrag. Tekan tomboldefrag, proses ini butuh waktu sekitar 1 - 4 jam tergantung kapasitas hardisk yang di defrag.

Contoh Analyze:


4. Selepas di analisa, lihat pada warna di antara dua bagian yaitu bagian atas. jika warna merah kelihatan banyak seperti contoh gambar dibawah, anda perlu klik pada Defragment untuk menghilangkan warna merah.
5. Tunggu hingga proses defrag selesai.


>>Defrag di Windows 7:
1. Klik menu Start >>All program >>Accesoris >>System Tools>> Disk Defragment


2. Setelah itu akan muncul daftar nama Hard disk, pilih Hard disk mana yang ingin sobat defrag
3. kemudian klik "Defragment Disk"


4. Maka system akan menganalisa hardisk dan otomatis mnedefrag, tinggal tunggu proses selesai

Selian menggunakan software asli dari windows, sobat juga bisa memakai Software Pihak ketiga misalnya, Smart Defrag download disini
kalo sudah ada software dari windows ngapain pake software tambahan? karena software asli windows cenderung lambat dan memakan waktu yang cukup lama untuk defrag, Sedangkan Smart Defrag memiliki kecepatan Proses yang cepat dan memiliki fitu-fitur lain seperti bisa menjadwalkan Defrag otomatis sehingga sobat tak perlu repot-repot mendefrag secara manual.

Perlukah defragmentasi dilakukan rutin?

Defragmentasi akan memindahkan pecahan-pecahan data yang letaknya berjauhan ke tempat yang berdekatan sehingga menjadi data yang utuh. Jika dilakukan terlalu sering ini dapat memperpendek umur hard disk Anda. Oleh karena itu lakukan defragmentasi sesuai dengan tingkat kesibukan komputer Anda.
Berikut tips melakukan defragmentasi secara rutin. Lakukan defragmentasi:

3 bulan sekali jika Anda:


  • Menggunakan internet hanya sebentar saja tiap harinya
  • Jarang melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda
  • Koleksi file Anda kecil, hanya beberapa giga, dan jarang Anda tambahi atau kurangi

2 bulan sekali jika Anda:


  • Menggunakan internet beberapa jam tiap hari
  • Kadang-kadang melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda
  • Terkadang menambah atau menghapus file, namun masih dalam kapasitas yang tidak terlalu besar
  • Terkadang bekerja dengan program-program editing grafis (Photoshop, After Effects, Premiere, dll)

1 bulan sekali jika Anda:


  • Menggunakan internet berjam-jam tiap hari
  • Sering melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda
  • Sering menambah dan menghapus file dalam skala besar
  • Sering bekerja dengan program-program editing grafis


Oke mungkin cukup itu saja semoga membantu...............

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer