Breaking News
Loading...
Tuesday, August 5, 2014

Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android

5:11 PM

Cara mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android - Lama tidak kembali membuat postingan dikarenakan sibuk adanya projek-projek yang harus di kerjakan. tetapi, jika ada waktu pasti saya akan membuat postingan kembali seperti pada artikel ini. judul diatas adalah cara mengatasi masalah aplikasi sering force close di android. setiap pengguna android (kayak aku ini) pasti pernah mengalami yang namanya force close.

Apa itu force close?, force close yaitu dimana aplikasi secara tiba-tiba exit atau keluar dengan otomatis saat aplikasi sedang di jalankan. masalah ini sering menghantui pada perangkat android. tidak peduli pada tipe apa dan seri berapa perangkat android kalian, masalah ini pasti pernah kalian temui. hal ini bisa di sebabkan versi aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi OS android kamu atau karena kerusakan sistem atau kerusakan lainnya.

Sebenarnya berbagai chipset dan peranti android menjadikan para developer pembuat aplikasi android agar membangun aplikasi yang serasi dengan senua peranti android yang beredar di pasaran saat ini. Chipset CPU seperti hal nya pada ARM mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi dalam melaksanakan kerja aplikasi yang sedang di buka. CPU ini juga bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. namun, pasti ada saja kendala force close yang muncul pada android.



Contoh yang paling terlihat adalah pada kehadiran chipset yang berjenis MIPS yang tadinya tidak boleh menjalankan pokok tertentu dan akan mengakibatkan force close apabila aplikasi dijalankan. hal tersebut terjadi karena arsitektur dan acara kerjanya berlainan dengan standar CPU ARM. setelah aplikasi tersebut selesai dibuat oleh para developer aplikasi android dan di perbaharui di Google Play Store kemudian baru boleh dijalankan untuk menghindari masalah force close tersebut.

Nah, kalau begitu bagaimana cara mengatasi aplikasi atau game yang sering terjadi force close di android, banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti beberapa penjelasan dibawah ini.

1. Aplikasi yang mungkin masih dalam tahap beta (belum sempurna).
1.1. Data game yang belum lengkap dan di perlukannya pembaharuan.
1.2. Kurangnya tambahan fitur dari chipset terkini.
1.3. Konflik antara aplikasi dan sistem utama android setelah melakukan update OS terbaru.
1.4. Konflik data Dalvik , data sementara (temp files) yang di simpan oleh aplikasi.

2. Sistem operasi android yang rusak atau crash.
Crash pada sistem Android di sebabkan karena hilangnya/rusaknya sistem root, sistem operasi android sama halnya dengan sistem operasi di komputer yang akan mengalami kerusakan yang di akibatkan berbagai macam hal, baik itu virus, pemasangan aplikasi atau game yang tidak sesuai , atau bahkan pada saat menginstal ROM tidak sempurna.

Hal lain yang sering terjadi adalah ketidakcocokan device dengan costum ROM yang di install, oleh karena itu pemilihan ROM harus benar-benar sesuai dengan device yang di miliki terutama pada saat akan melakukan install custom ROM harus di pilih dengan hati-hati karena bukan saja akan mengalami force close bisa jadi device yang dimiliki akan Brick.

Solusinya : Jika ketiga permasalahan di atas masih terjadi maka ada baiknya kalian mengganti sistem Android, untuk pengguna Custom ROM, pilih Custom ROM yang benar-benar bagus dan sudah di uji coba.

File data tidak cocok dengan tipe perangkat (dari GPU dan Prosesor).
Sering sekali para pengguna android melakukan download game serta data sekaligus yang tujuannya untuk mempermudah instalasi, mengingat tidak semua pengguna memiliki akses internet dengan kecepatan yang tinggi/tidak memiliki akses WiFi sendiri untuk melakukan download data tambahan game yang ingin di mainkan. namun permasalahannya adalah tidak semua game serta data yang ada itu cocok dengan perangkat yang di miliki sehingga semua game serta data yang di masukan akan terjadi force close.

Solusi : download game serta data sesuai dengan perangkat yang di miliki, atau jika punya akses internet sendiri sebaiknya download langsung dari perangkat android kalian.

Dari faktor diatas hanya pertimbangan semata, untuk mengatasi masalah force close ini kalian dapat melakukan cara sebagaimana berikut.
1. Lakukan reboot
Matikan kemudian hidupkan kembali perangkat android kalian untuk menguji kelancaran aplikasi yang di ketahui terjadi force close tersebut. lalu coba jalankan kembali aplikasi yang sama, apakah masih terjadi force close.

2. Uninstall dan install ulang aplikasi yang bersangkutan (terjadi force close).
Terdapat kemungkinan aplikasi/game tersebut konflik dengan data lama setalah melakukan pembaharuan versi terbaru. cara uninstall dan install lagi hanya sebentar kawan, jangan menyerah.

3. Buanglah data aplikasi atau program cache.
Setiap aplikasi akan membuat simpanan data untuk keperluan pengguna. misalnya data login, data level pada sebuah game, data image untuk keperluan aplikasi yang bersangkutan. kalian bisa menghapus data-data ini. cara ini lebih baik dilakukan daripada aplikasi kalian selalu terjadi force close.

Adapun cara melakukan delete data atau cache dari aplikasi atau game pada android kalian.
1. Kalian masuk ke "Setting".
2. Klik menu "apps/application".
3. Biasanya pada perangkat ada pilihan "downloaded | on SDcard | running | all".
4. Kalian pilih "All".
5. Kemudian pilih aplikasi yang sering force close.
6. Pilih menu "clear data" dan juga menu "clear cache".

Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android

7. Lakukan reboot pada perangkat android kalian.

Bagaimana, aplikasi atau game yang kalian jalankan apakah sudah berhasil terbebas dari yang namanya force close? misalkan belum mungkin dari pengembangnya, aplikasi tersebut belum cocok dengan tipe perangkat android yang kalian miliki saat ini. jika kalian ada pertanyaan, bisa melakukan komentar pada artikel ini. sekian artikel tentang Cara Mengatasi Aplikasi/Game Force Close Di Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer